Persiapan Pengawasan Pemilu, Bawaslu Majene Adakan Rakonwas Tahapan Pemilu Tahun 2024

- in BERITA, MAJENE, POLITIK, SULBAR
334
0

Persiapan Pengawasan Pemilu, Bawaslu Majene Adakan Rakonwas Tahapan Pemilu Tahun 2024

Dari kiri : Muhammad Dardi, ketua Bawaslu Majene Sofyan Ali, Indriana Mustafa. (ist)

sandeqposnews.com, Majene — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Majene, Propinsi Sulawesi Barat, menggelar Rapat Konsilidasi Pengawasan (Rakonwas) Tahapan Pemilu 2024, selama dua hari, yakni Selasa 22 dan Rabi 23 November, di Villa Bogor, Kelurahan Lembang, Kecamatan Banggae Timur, Majene.

Acara ini dihadiri 70 orang dari berbagai latar belakang yakni, Panwascam se Kabupaten Majene, organisasi kepemudaan, unsur kepolisian, dan jurnalis.

Koordiv Hukum Pencegahan, Humas, dan Parmas Bawaslu Majene, Indriana Mustafa, mengatakan sekalipun yang hadir hanya 70 ruang namun itu bisa dianggap memiliki pengaruh besar.

Menurutnya, semua peserta tersebut adalah orang yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi langsung kepada masyarakat luas.

“Tugas Bawaslu kedepan semakin besar, karena itu masyarakat diminta berpartisipasi untuk menyampaikan ke Bawaslu apabila terjadi pelanggaran. Dengan hadirnya bapak Ibu disini akan menjadi simbol kekuatan Bawaslu,” ucap Indriana, diawal pembukaan Rakorwas.

Baca juga ini :

Di tempat berbeda, anggota Bawaslu Majene Koordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Muhammad Dardi, mengatakan tujuan Rakonwas sebagai media tempat mengkonsolidasikan persiapan pengawasan Pemilu 2024.

Sebagai wujud partisipasi pengawasan pemilu tidak hanya di jajaran internal Bawaslu Majene dan Panwascam, kata Dardi, juga melibatkan semua stakeholder terutama dari media (pers) dan OKP.

Dia berharap semua elemen masyarakat bisa menjadi corong Bawaslu Majene ikut melakukan pengawasan di pemilu mendatang.

“Mudah mudahan bisa menjadi corong Bawaslu Majene untuk melakukan proses pengawasan, khususnya pencegahan dan penanganan pelanggaran,’ harap Dardi di sela Rakonwas.

Di tempat sama, Ketua Bawaslu Majene, Sofyan Ali, beharap dengan Rakonwas ini semua peserta terdiri dari Panwascam, Media OKP, dan LSM, bisa terjadi pemahaman yang sama terhadap pengawasan dan penangan pelanggaran di Pemilu 2024.

“Ada beberapa nasraumber yang kita hadirkan, seperti dari KPU untuk mengetahui tahapan-tahapan dan teknis persiapan Pemilu,” ujarnya.

Editor : Daeng Nompo’

*Berkomentarlah di kolom komentar dibawah dengan bijaksana yang menginspirasi dan bertanggung jawab.Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti yang diatur dalam UU ITE.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *