Aji Kota Mandar Teken Kerjasama Kejurnalistikan dengan IAI DDI Polman

Penandatanganan MoU antara Wakil rektor 2 IAI DDI Polman, H. Marzuki S.Ag.,M.Pd, didampingi Dekan Fakultas Dakwah IAI DDI Polman, Abdul Haris Nawawi S,Ag., S.Pd.,M.Pd dan Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Mandar, Rahmat. FA. (Foto Aji Kota Mandar)

SANDEQPOSNews.com, Polman — Penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) antara Yayasan Darud Da’wah Wal Irsyad Institut Agama Islam (IAI DDI) Polman Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan Alinasi Jurnalis Independen (AJI) Kota Mandar untuk pengembangan kapasitas mahasiswa di bidang jurnalistik dan pendampingan HMJ, Lembaga Pers Mahasiswa Fakultas Da’wah dan Komunikasi IAI DDI Polman.

Fakultas Dakwah dan Komunikasi Institut Agama Islam Darul Dakwah Wal Irsyad (IAI DDI)Polewali Mandar

Penandatanganan nota kesepahaman ini berlangsug di Aula Ag. K.H Ambo Dalle Kampus IAI DDI Polman yang dihadiri langsung oleh Wakil rektor 2 IAI DDI Polman, H. Marzuki S.Ag.,M.Pd, Dekan Fakultas Dakwah IAI DDI Polman, Abdul Haris Nawawi S,Ag., S.Pd.,M.Pd dan Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Mandar, Rahmat. FA.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pelatihan jurnalistik yang berlangsung selamat dua hari 8-9 Juni 2024 dengan menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya Ketua AJI Mandar, Rahmat FA tentang Kode Etik Jurnalistik, Pewarta Metro TV, Arianto tentang teknik reportase, Penulis Ridwan Alimuddin dan Himawan dari Kompas tentang penulisan media cetak dan online serta teknik pengambilan foto dan video jurnalistik.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor IAI DDI Polman, H. Marzuki menjelaskan sangat mendukung program penandatanganan MoU ini, menurutnya program ini akan membentuk karakter mahasiswa yang mempunyai kemampuan dalam dunia jurnalistik.

“Kami dari unsur kampus, mewakili rektor, sangat berterimakasih kepada AJI dan panitia atas pelaksanaan kegiatan pelatihan ini,” terang Marzuki, Sabtu 8 Juni 2024.

“Setelah pelatihan ini, kita berharap akan lahir mahasiswa yang memiliki  pengetahuan tentang jurnalistik,” tambah Marzuki.

sementara itu, Dekan Fakultas Dakwah IAI DDI Polman, Abd Haris Nawawi mengapresiasi kegiatan pelatihan jurnalistik dan penandatanganan MoU.

“Ini kegiatan yang luar biasa, pelatihan jurnalistik ini menjadi yang pertaman di kampus kami. Nabi Idrislah yang pertama kali perkenalkan dunia jurnalistik. Mudah mudahan kecerdasan Nabi Idris dapat tertular bagi kita semua,” ujar Abd Haris.

Pihaknya berharap, agar kerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Mandar dapat terus berjalan untuk memberikan pendampingan HMJ dan Lembaga Pers Manasiswa di IAI DDI Polman khususnya dalam dunia jurnalistik.

Ditempat yang sama, Ketua AJI Kota Mandar, Rahmat FA mengungkapkan bahwa mahasiswalah yang menjadi salah satu spirit perjuangan AJI. Ia menambahkan terbentuknya AJI pada masa orde baru tak lepas dari semangat mahasiswa.

“Kita memeberikan apresiasi yang luar biasa untuk IAI DDI Polman karena MoU ini bisa kita jalankan. Kita ingin melihat kedepan DDI Polman menjadi kampus yang mampu mencetak jurnalis profesional khususnya di Sulawesi Barat,” ungkapnya.

Ketua Aji Kota Mandar, Rahmat, sedang memberikan materi Kejurnalistikan di hadapan ratusan peserta pelatihan jurnalistik ; peliputan dan teknik reportase. (Foto Aji Kota Mandar).

Ketua panitia Pelatihan Jurnalistik IAI DDI Polman, Ismail mengungkapkan antusias mahasiwa untuk mengikuti pelatihan ini cukup banyak, untuk itu ia membatasi peserta dalam pelatihan jurnalis di Kampus IAI DDI Polman dengan mengambil sejumlah perwakilan dari 4 fakultas yang ada di IAI DDI Polman.

Selain Wakil Rektor II IAI DDI Polman dan Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAI DDI Polman, hadir pula Ketua Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Baharuddin dan aktivis perempuan AJI Kota Mandar serta dosen Prodi Komunikasi Penyiaran Islam.
Laporan : Rahmat

*Berkomentarlah di kolom komentar dibawah dengan bijaksana yang menginspirasi dan bertanggung jawab.Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti yang diatur dalam UU ITE.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *