KODIM 1401 Majene Instansi Negara pertama di Majene yang Menggelar Pasar Murah untuk Menekan Laju Inflasi Bapokan dan Bantu Masyarakat Kurang Mampu 

Dandim Majene 1401, Letkol Inf Ricad Harisab, melihat langsung proses jual beli di salah satu Stand Pasar Murah yang digelar oleh Kodim 1401 di halaman Makodim1401, Sabtu (1/4/2023). istimewa.

 


SANDEQPOSNews.com, Majene – Sepekan menjelang bulan Ramadan 1444 Hijriah/2023 sejumlah wilayah di Indonesia mengalami kenaikan harga (inflasi) bahan pokok pangan (Bapokan, tak terkecuali di Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat.

Bapokan yang mengalami kenaikan harga secara signifikan di antaranya beras, cabe, dan bawang serta minyak goreng. Untuk mengantisipasi inflasi tersebut Komando Distrik Militer (Kodim) 1401 Majene menggelar pasar murah di halaman Kodim 1401, Sabtu (1/4/2023).

Dandim Majene 1401, Letkol Inf Ricad Harisab mengatakan untuk pasar murah ini sudah dipersiapkan dengan matang, mengingat sejumlah daerah termasuk di kabupaten Majene sudah mengalami kenaikan harga sejak menjelang hingga masuk bulan Ramadan.

Antusias masyarakat kurang mampu secara ekonomi mendatangi Makodim 1401, lalu menyerbu setiap stand Bapokan yang berada di bawah tenda-tenda yang telah dipersiapkan oleh para prajurit TNI Kodim 1401 sehari sebelum pasar murah digelar.

Tak ada yang tersisa dari semua Bapokan yang telah disiapkan dan dijual secara murah itu. seperti minyak goreng 50 dos (ratusan liter), gula pasir 250 kg, tepung terigu 11 dos, telur 78 rak (2.340 butir), bawang merah dan bawang putih 50 kg lebih, semuanya habis terbeli oleh masyarakat.

“Alhamdulillah semuanya habis terjual dan terjangkau. Ini kami menggelar pasar murah bekerjasama dengan pihak Bulog dan pengusaha yang tergabung dalam UMKM untuk menyukseskan program TNI dalam pasar murah,” kata Dandim 1401 Letkol Inf Ricad Harisab kepada pewarta, di sela pasar murah berlangsung.

Dandim 1401 Majene Letkol Inf Ricad Harisab didampingi Kasdim Mayor  Inf Buhari (kedua kiri) meninjau kesiapan pasokan Telur sebelum pasar murah dibuka. ist

Kegiatan ini, kata Letkol Ricab, dilaksanakan di seluruh jajaran Kodam XIV Hasanuddin, “Ini merupakan agenda rutin amalia Ramadan yang akan dilaksanakan hingga tanggal 16 April 2023.”

“Pasar murah ini dilaksanakan serentak di 29 Kodim dan tiga Korem di bawah Pangdam XIV Hasanuddin pada 1 April 2023, ini dimaksudkan untuk meringankan beban masyarakat di tengah lonjakan harga bahan pokok pada Ramadan hingga hari raya Idul Fitri mendatang,” tambahnya.

Letkol Ricabbersyukur dan berharap, apa yang telah dilakukan oleh jajaran TNI, baik Korem dan Kodim dibawah Kodam XIV/Hasanuddin dapat memberi manfaat bagi semua masyarakat, sehingga dipergunakan pada bulan Ramadan hingga hari raya idul fitri 1444 Hijriah.

“Semoga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan menjadi berkah kepada mitra yang telah turut berpartisipasi dalam kegiatan ini,” pungkasnya.

Salah satu ibu rumah tangga (IRT), Salma yang domisili di kelurahan Lembang, Kecamatan Banggae Timur, Majene, yang dihubungi di lokasi pasar murah, terharu dapat membeli sembako (Sembilan bahan pokok makanan) dengan harga murah.

“Halhamdulillah pak, saya bersyukur bisa membeli ini semua karena di pasar Majene kemarin-kemarin itu sudah mahal, apalagi ini sudah mau lebaran. Alhamdulillah yaa pak Kodim sudah bikin pasar murah bagi kami yang kurang mampu ini. Mudah-mudahan nanti kalau mau lebaran haji (idul Adha, red) pak Kodim (Dandim, red) bikin lagi pasar murah,” ujar IRT paruh baya ini dengan mata berkaca-kaca.

Laporan : Fhani
Editor : SAN
*Berkomentarlah di kolom komentar dibawah dengan bijaksana yang menginspirasi dan bertanggung jawab.Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti yang diatur dalam UU ITE.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *