Bulan Suci Ramadan 1444 Hijriah Disambut 1,9 Miliar Umat Muslim di Seluruh Dunia, Lihat Negara Paling Terpanjang dan Terpendek Durasi Waktu Puasanya

- in BERITA, HUMANIORA, INTERNASIONAL
635
0

Bulan Suci Ramadan 1444 Hijriah Disambut 1,9 Miliar Umat Muslim di Seluruh Dunia, Lihat Negara Paling Terpanjang dan Terpendek Durasi Waktu Puasanya

Suasana berbuka puasa warga umat muslim Inggris di tengah jantung kota London, Inggris. Nn.

SANDEQPOSNews.com, Sulawesi Barat – Sebanyak lebih dari 1,9 miliar Muslim di seluruh dunia memasuki bulan suci Ramadhan. Adapun jam puasa tahun ini berkisar antara 10 hingga 18 jam tergantung pada lokasi geografis orang tersebut.

Perbedaan jam puasa terutama disebabkan oleh variasi panjang siang dan malam yang disebabkan oleh kemiringan bumi dan posisi matahari.

Di negara-negara yang terletak lebih dekat dengan garis khatulistiwa, jam puasa cenderung lebih pendek, sedangkan yang terletak lebih jauh, terutama di garis lintang utara dan selatan, mengalami periode puasa yang lebih lama. Tergantung pada waktu dalam setahun, periode puasa bisa melebihi 20 jam. Di Indonesia waktu puasa adalah umumnya 13,23 jam, terhitung dari Imsak sampai berbuka puasa atau masuk waktu Maghrib.

Dilansir dari Okezone.com yang Dikutip dari Al Arabiya, di beberapa daerah termasuk di Greenland dan Alaska, di mana matahari tidak pernah terbenam, ulama merekomendasikan umat Islam untuk mengikuti puasa jam Makkkah di Arab Saudi.

Mereka telah lama menyetujui sistem tersebut karena Arab Saudi adalah rumah bagi Ka’bah – situs paling suci dalam Islam.

Rata-rata jam puasa di seluruh dunia biasanya antara 14 hingga 15 jam. Di Arab Saudi, UEA, dan Qatar, umat Islam akan berpuasa hingga 14 jam per hari selama bulan suci.

Baca juga ini :

Ramadhan, bulan kesembilan dalam kalender Islam, akan dimulai pada Kamis (23/3/2023), dan melibatkan menahan diri dari makanan dan minuman, dan melakukan praktik yang meningkatkan iman, kesabaran, dan rasa kebersamaan seseorang

Berikut adalah daftar negara di mana umat Islam akan berpuasa paling lama dan paling sedikit pada tahun 2023:

Jam puasa terpanjang

  1. Nuuk, Greenland: 18 jam
  2. Reykjavik, Islandia: 18 jam
  3. Helsinki, Finlandia: 17 jam
  4. Glasgow, Skotlandia: 17 jam
  5. Ottawa, Kanada: 17 jam
  6. London, Inggris Raya: 16-17 jam
  7. Paris, Prancis: 16-17 jam
  8. Zurich, Swiss: 15 jam
  9. Roma, Italia: 15 jam
  10. Madrid, Spanyol: 15 jam

Jam puasa terpendek

  1. Christchurch, Selandia Baru : 12 jam
  2. Puerto Montt, Chili: 12 jam
  3. Buenos Aires, Argentina: 12 jam
  4. Jakarta, Indonesia: 13 jam
  5. Nairobi, Kenya: 13 jam
  6. Karachi, Pakistan: 13-14 jam
  7. New Delhi, India: 13-14 jam

Teluk dan Timur Tengah

Rata-rata jam puasa untuk negara-negara di Teluk dan Timur Tengah yang lebih luas rata-rata berkisar antara 13 hingga 15 jam. Ini termasuk Arab Saudi, UEA, Kuwait, Bahrain, Oman, Qatar, Irak, Yaman, Iran, Lebanon, Mesir, Maroko, Tunisia, Libya, dan Palestina. (*)

*Berkomentarlah di kolom komentar dibawah dengan bijaksana yang menginspirasi dan bertanggung jawab.Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti yang diatur dalam UU ITE.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *