Badan Geologi Kementerian ESDM Akan Ekspose Hasil Penelitian Tanah Bergerak di Kelurahan Tande Majene

- in BENCANA, BERITA, MAJENE, Peristiwa, SULBAR
283
0

Badan Geologi Kementerian ESDM Akan Ekspose Hasil Penelitian Tanah Bergerak di Kelurahan Tande Majene

Penelitian dimulai dari depan kantor kelurahan Tande, tepatnya di Lingkungan Limboro Barat. Tampak kepala Lingkungan Limboro barat, Darman (baju kaos putih). (Foto DN/sandeqposnews.com).

SANDEQPOSNews.com, Badan geologi kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan melakukan ekspose (mengungkap) penyebab terjadinya pergeseran tanah di kelurahan Tande kabupaten Majene, Sulwesi Barat.

Rencana ekspose tersebut akan dilakukan di Kelurahan Tande, Majene Kamis Besok (16/2/2024) sekira pukul 10:00, waktu Indonesia bagian tengah.

Koordinator PSC (public safety centre) 119 Majene, Aslan,  mengatakan ekspose itu bekerjasama dengan inas komunikasi informatika, statistik dan persandian (Kominfo), Bagian SDA, Pemkab Majene, dan PSC 119 Majene.

“Insya Allah akan dihadiri Sekda Majene (Ardiansyah),” kata Aslan melalaui telepon selular, Rabu siang.

Menurut Aslan, ekspose itu dilaksanakan jarak jauh secara zoom, dengan menghadirkan dari pihak Badan Geologi Kementerian ESDM dan instansi terkait Pemkab Majene. Dalam zoom nantinya pihak ahli dari Badan Geologi ESDM akan memaparkan hasil penelitian tanah bergerak yang terjadi di kelurahan Tande, yang berada di tengah pemukiman di ketinggian sekira 600an MDPL (meter di atas permukaan laut).

Terkini, Gempa Bumi Magnitudo 4,1 Mengguncang Kabupaten Pinrang Sulsel, Getarannya Hingga di Kabupaten Majene Sulbar

Sebelumnya, tiga orang ahli geologi dan vulkanologi dari Badan Geologgi Kementerian ESDM, yakni Yohandi Kristiawan penyelidik bumi muda, Kibar Suryadana penyelidik bumi pertama dan Ahmad Barnes penyelidik geologi dari Pusat Vulkanologi dan mitigasi bencana, Badan Geologi Kementerian ESDM didampingi PSC (public Safety Centre) 199 Majene dan BPBD Majene, serta sejumlah Jurnalis Afdeling Mandar, menyusuri hutan Kelurahan Tande di Pegunungan untuk melakukan penelitian dan pencarian titik koordinat penyebab tanah bergerak, Jum’at (10/2/2023).

Tanah Bergerak di Kelurahan Tande Majene Makin Parah, Puluhan Bangunan Mengalami Kerusakan

Tanah Bergerak di Kelurahan Tande Kabupaten Majene, bikin Warga Deg-degan

Kasihan, Banyak Warga Korban Gempa Bumi Majene Berutang di Toko, Berharap Bayarnya Setelah Dana Stimulan Cair

Dalam ekspedisi penelitian itu dilakukan mulai dari Lingkungan Limboro Barat, yaitu kantor Lurah tande, jalan Korban 40.000 jiwa dan sekitarnya, serta sejumlah rumah warga yang terdampak. Lalu menyusuri hutan Tande yang berada di pegunungan.

Dalam penyusuran penelitian itu diambil sampel 5 titik untuk mencari titik koordinat dan mengukur sudut elevasi antara garis datar dengan garis yang menghubungkan sebuah titik yang terdapat di garis datar dengan titik puncak sebuah objek menggunakan alat klinometer danaplikasi pencarian satelit.

Pantauan SANDEQPOSNews.com, sejumlah jalan utama di Kelurahan Tande, tepatnya di Lingkungan Limboro Barat, mengalami kerusakan. Yang paling parah adalah jalan penghubung antar lingkungan di depan kantor Kelurahan Tande.

Kalak BPBD Majene, Ilhamsyah : Pemerintah Sejauh Ini Sudah Maksimal Menangani Dampak Korban Gempa di Majene

Nikita Mirzani Sumbang Rp 200 Juta untuk Korban Gempa Majene dan Banjir Kalsel

Sementara kantor kelurahan Tande yang juga mengalami kerusakan cukup parah, sejak tahun 2021 lalu kantor ini sudah tidak difungsikan, tak ada lagi aktifitas layanan, karena khawatir lurah dan stafnya mengalami hal yang tidak diinginkan. Sehingga semua kativitas pun dipindahkan ke salah satu sekolah yang ada di Tande.

Tonton Video LIVE : Penelitian Geologi Tanah Bergerak di Kelurahan Tande, Majene

Reportase : Daeng Nompo’
Daengnompokku33@yahoo.com
*Berkomentarlah di kolom komentar dibawah dengan bijaksana yang menginspirasi dan bertanggung jawab.Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti yang diatur dalam UU ITE.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *