Akses Lokasi Longsor Bukit Sangiang Poros Majene-Mamuju Sudah Bisa Lewat, Namun Terdapat Longsor Baru di Sumakuyu

- in BENCANA, BERITA, MAJENE, SULBAR
452
0

Akses Lokasi Longsor Bukit Sangiang Poros Majene-Mamuju Sudah Bisa Lewat, Namun Terdapat Longsor Baru di Sumakuyu

Suasana antrian kendaraan sudah bisa lewat dengan sistem buka tutup di lokasi longsor bukit Sangiang, Dusun Sumakuyu, Desa Onang, Kec. Tubo Sendana, Kab. Majene, Sulbar, Sabtu (18/11/). Material longsor dibersihkan oleh alat berat Skscavator sejak kemarin hingga pukul 14:00 waktu setempat, lalu dilakukan sistem buka tutup (DN/SANDEQPOSNews.com).

sandeqposnews.com, Majene, Ratusan kendaraan yang melewati jalan trans Sulawesi poros Majene-Mamuju Km 85+500 yang mengantri sejak Jum’at siang kemarin hingga Sabtu siang ini (19/11/2022) akibat longsor di dua titik di tempat tersebut, kini sudah bisa dilewati dengan sistem buka tutup mulai pukul 14:20, waktu setempat.

Rasa gerah ratusan sopir dan penumpang angkutan umum maupun mobil pribadi akibat lumpuhnya arus lalulintas itu, yang membuat mereka terpaksa menginap di tengah jalan,  ada yang tidur di mobil masing-masing, ada pula yang tiduran di balae-bale warung atau musallah dan rumah warga.

Tidak sedikit dari mereka yang menggerutu karena belasan jam harus menunggu antrian hingga material longsoran dibersihkan oleh alat berat ekscavator.

Sekalipun jalur trans tersebut sudah bisa dilewati, namun masih terdapat longsoran baru dengan material berupa akar pohon dan dedaunan serta tanah basah (liat dan cair) yang memenuhi sehagian badan jalan di Dusun Sumakuyu, masih di desa Onang, Kec.  Tubo Sendana poros Majene-Mamuju, sekira lebih 1 kilometer jarak dari lokasi longsor bukit Sangiang ke arah jalur kota kabupaten Majene, tak jauh dari Masjid Sangiang dan tower telkomsel.

Akibatnya ratusan kendaraan dari arah Mamuju yang sudah bisa melewati jalur longsoran di bukit Sangiang itu terpaksa  kembali harus mengantri untuk bisa lewat karena berlawanan arah dengan ratusan kendaraan yang sudah lama mengantri dari arah kota kabupaten Majene.

Pada longsoran itu, juga mengalir air dari atas bukit sehingga jalan menjadi becek dan tergenang air bercampur lumpur. Truk besar dan kendaraan lainnya pun harus hati -hati untuk melewatinya.

Longsoran baru dari pebukitan dusun Sumakuyu, Desa Onang, Kec. Tubo Sendana, Majene, Sabtu (19/11). Longsor ini diperkirakan terjadi pagi hari tadi. (DN/SANDEQPOSNews.com).

Titik longsor baru ini oleh Kapolsek Sendana, AKP Muh. Tauhid, SE, terjadi pada Sabtu pagi tadi (19/11). Material longsoran  terdiri dari ranting kayu dan tanah itu menutup separuh badan jalan. Material longsoran itu  didominasi lumpur bercampur air yang mengalir dari atas bukit.

Pantauan sandeqposnews.com, saat melewati kecamatan Tammero’do Sendana dan Tubo Sendana terdapat sejumlah bukit di sisi kanan dari arah kota kabupaten Majene mengalami longsor,  sekalipun volumenya (masih) kecil, namun diperkirakan saat hujan deras (memungkinan) terjadi longsor yang besar.

Editor : Daeng Nompo’

*Berkomentarlah di kolom komentar dibawah dengan bijaksana yang menginspirasi dan bertanggung jawab.Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti yang diatur dalam UU ITE.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *