HMJ-Keperawatan Poltekkes Mamuju Selenggarakan Webinar, Peringati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

- in BERITA, KESEHATAN, PENDIDIKAN
71
0

HMJ Keperawatan Poltekkes Mamuju Selenggarakan Webinar, Peringati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

Sumber foto HMJ keperawatan poltekkes Kemenkes Mamuju/kolase sandeqposnews.com)

sandeqposnews.com, Mamuju — World Mental Health Day (hari Kesehatan Jiwa Sedunia) diperingati oleh Mahasiswa Jurusan Keperawatan yang tergabung dalam organisasi HMJ-Keperawatan Poltekkes Kemenkes Mamuju
yang dipusatkan di Jurusan Keperawatan dengan menggunakan aplikasi zoom webinar dengan jumlah peserta sekira 100 partisipan, jumat (14/10/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kajur Keperawatan, para Dosen, staf Jurusan Keperawatan, mahasiswa, serta Abdul Ganing, MPH, selaku WADIR I sekaligus membuka acara ini.

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) diperingati setiap tahunnya pada tanggal 10 Oktober, Peringatan kali ini merupakan peringatan yang ke-28 dengan mengusung tema ”Make Mental Health and Well Being for all a Global Priority‘ atau ”Jadikan kesehatan mental untuk semua sebagai prioritas global”.

Peringatan “World Mental Health Day” merupakan salah satu momentum untuk meng-kampanye-kan bahwa semua orang, siapapun mereka berhak untuk mendapatkan layanan kesehatan jiwa yang berkualitas, non diskriminatif dan perlunya upaya bersama berbagai pihak untuk mencegah dan mengendalikan masalah kesehatan jiwa.

Ketua Panitia, Lidya Destia, mengatakan Kesehatan Jiwa ini penting untuk dipahami oleh semua orang, sehingga Mahasiswa Jurusan Keperawatan melalui HMJ-Keperawatan berkesempatan menyelenggarakan webinar untuk peringati HKJS ini.

“Kami juga melaksanakan webinar ini, sebagai program kerja tahunan oleh Organisasi Jurusan Kami untuk bisa belajar dan mendapatkan banyak ilmu, termasuk akan pentingnya kesehatan jiwa ini,” kata Lidya Destia lewat rilis yang dikirim ke sandeqposnews.com.

Menurut Lidya yang juga mahasiswa Tingkat 2 Jurusan Keperawatan Poltekkes Mamuju ini,  bahwa apa yang  dilaksanakan tersebut merupakan program kerja pengurus HMJ. Kata Lidya.

“Banyak ilmu yang bisa diperoleh dari kegiatan webinar ini,” imbuhhya. .

Webinar ini sendiri menghadirkan dua narasumber, yaitu A. Budhy Rakhmat, Psikolog Klinis RS Regional Sulbar dan Silvia Eka Mariska, S.Psi.,M.Psi (Dosen Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda).

Salah satu narasumber memaparkan materi tentang “Waspada Karakter Toxic Dalam Hubungan Romantic”, mengingat rata-rata peserta yang ikut webinar ini berusia muda, dan lazimnya dari kalangan mahasiswa, sehingga perlu untuk memahami apa itu “Toxic Relationship”.
Selain itu, dapat menjalin hubungan yang baik dan tidak menggangu kaitannya terhadap diri pribadi, khususnya kesehatan mental itu sendiri.

Kegiatan ini sangat antusias diikuti peserta webinar, terlihat dari jumlah peserta dan atensi mereka yang memberikan pertanyaan.

Salah satu dosen yang turut hadir dan mendampingi kegiatan tersebut, Masnaeni Ahmad, S.Psi.,MA menyampaikan apresiasinya kepada HMJ yang sukses menyelenggarakan webinar itu.

“Kami sangat bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini, dan tentu kami sebagai Dosen senantiasa memberikan ruang bagi Anak mahasiswa kami untuk bisa dan mau belajar mendapatkan ilmu yang bermanfaat,” ujarnya.

Sumber rilis : Andi Nasir SKM, M.Kes, M.H. (Sekjur Keperawatan Poltekkes Kemenkes Mamuju)
Editor : Daeng Nompo’

*Berkomentarlah di kolom komentar dibawah dengan bijaksana yang menginspirasi dan bertanggung jawab.Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti yang diatur dalam UU ITE.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *