Muhammad Arsyi Jailolo Kalahkan 10 Kandidat dalam Pemilihan Ketua HMI Cabang Makassar

- in BERITA, NASIONAL, PENDIDIKAN
185
0

Muhammad Arsyi Jailolo Kalahkan 10 Kandidat dalam Pemilihan Ketua HMI Cabang Makassar

Muhammad Arsyi Jailolo terpilih sebagai ketua umum HMI Cabang Makassar periode 2021-2022. Ia mengalahkan 10 kandidat lainnya dari berbagai komisariat perguruan tinggi yang ada di kota Makassar dalam Konfercab HMI Makassar, di aula Asrama Haji Sudiang, Makassar, Jum’at (27/8/2021).

SANDEQPONews.com, Makassar – Muhammad Arsyi Jailolo terpilih sebagai ketua umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Makassar, mengalahkan 10 kandidat lainnya dari berbagai komisariat perguruan tinggi yang berbeda, pada konferensi Cabang Makassar ke-41 di Aula Asrama Haji Sudiang, Kota Makassar,  Jumat dini hari (27/8/2021).

Meskipun forum Konfercab sempat berjalan alot hingga dipending beberapa kali, namun lulusan Ilmu Hukum kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, itu terpilih secara sah melalui forum resmi Konfercab HMI Makassar setelah memperoleh 36 suara melalui proses secara demokrasi yang dipilih oleh peserta dari 59 komisariat, serta disaksikan oleh 4 dari 11 calon ketua yang sudah mendaftar sebelumnya.

Sebelumnya, Arsyi sapaan Muhammad Arsyi Jailolo dikalangan Aktivis kampus HMI dan UMI itu berhasil mengantongi 37 rekomendasi komisariat HMI dari 20 minimal yang dipersyaratkan oleh panitia Konfercab HMI Makassar.

Dengan amanah ketua umum HMI Cabang Makassar periode 2021-2022 yang diembannya itu nantinya, kata Arsyi, menjadikan HMI yang berkebudayaan sesuai visinya, serta terus eksis yang mempunyai landasan nilai luhur keummatan dan kebangsaan.

“HMI harus berkebudayaan dengan terwujudnya eksistensi HMI yang berlandaskan nilai luhur keummatan dan kebangsaan,” kata melalui rilis kepada SANDEQPOSNews.com, Jum’at pagi (27/8).

Muhammad Arsyi Jailolo saat menyampaikan Visi-Misi saat menjadi calon ketua Umum HMI Cabang Makassar, sebelum pemilihan ketua berlangsung. (ist).

Dalam masa kepemimpinannya ke depan, ia juga akan membuat program dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat. Sebab menurut dia, tujuan dari kegiatan ke-Mahasiswa-an saat ini utamanya dalam organisasi HMI adalah untuk mengabdi dan sebagai penyambung lidah masyarakat.

Untuk itu, Arsyi yang pernah juara lomba Pidato antar Fakultas kampus UMI itu, mengatakan  HMI harus menciptakan kader yang kompeten dan visioner dengan melakukan penguatan kepengurusan dalam menjalankan kewajiban, agar para kader bisa memahami dan menghadapi arus globalisasi. Dan tentunya  tanpa menggugurkan nilai luhur keummatan dan kebangsaan.

“Kita akan lakukan penguatan internalisasi kepengurusan dan anggota guna terwujudnya HMI Cabang Makassar yang profesional, kompeten, dan visioner dalam menghadapi arus globalisasi,” ujarnya.

Muhammad Arsyi Jailolo di atas podium menyampaikan kesediannya maju sebagi calon ketua umum HMI Cabang Makassar. (tangkapan layar/SANDEQPOSNews.com.

Lebih lanjut, Muhammad Arsyi mengatakan bahwa saat ini kurangnya pemberdayaan para kader HMI. Sementara banyak potensi dari kader yang bisa di kembangkan dan diberdayakan tetapi seakan-akan itu dilupakan.

Olehnya itu ia akan memfungsikan lembaga kekaryaan pemberdayaan kader HMI Cabang Makassar.

“Kita punya kader banyak dan punya banyak potensi jadi ke depan, kita optimalisasikan fungsi dari lembaga kekaryaan sebagai bentuk pemberdayaan kader HMI Cabang Makassar,” jelasnya.

Atas kemenangannya itu, Arsyi yang juga kedua orang tuanya merupakan aktivis kampus UMI dan Kader HMI itu, mengucapkan rasa syukur atas terpilihnya dan mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang membantunya.

Ia akan memikul kepercayaan yang telah diberikan dengan penuh rasa tanggungjawab dan akan membawa HMI lebih baik baik lagi.

Berikut profil Muhammad Arsyi Jailolo :

Nama : Muhammad Arsyi Jailolo

Tempat tanggal lahir : Ujung Pandang, 14 Mei 1997

Orang Tua :

Ayah : Syariful Alam, ST

Ibu     : (alm) Rini Savitri Nurdin

Pendidikan formal :

– SDN kompleks IkIp Makassar tahun 2009

– SMPN 3 Makassar tahun 2012

– SMAN 1 Makassar 2015

– S1 Fakultas Hukum konsentrasi Hukum Tata Negara UMI angkatan 2015

– Melanjutkan S2 magister Ilmu hukum konsentrasi hukum tata negara Universitas Hasanuddin (sementara).

Riwayat organisasi  :

– Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Hukum UMI

– Badan Pengelolaan Latihan HMI Cabang Makassar

– Lembaga dan Konsultasi Bantuan Hukum Mahasiswa Islam (LKBHMI) Cabang Makassar

– Wabendum Bidang Hukum dan HAM HMI Cabang Makassar

Jenjang Kaderisasi HMI :

– Lk1 basic training HMI komisariat Hukum UMI angkatan 101

– Intermediate Training Lk2 HMI Cabang Barru 2016

– Pendidikan dan Pelatihan Dakwah Lembaga Dakwah Makasiswa Islam (LDMI Cabang Makassar) 2017

– Sekolah Nilai Dasar Perjuangan HMI Komisariat Pertanian 2017

– Couching instruktur HMI Cabang Makassar IV 2019

– Senior Course HMI Cabang Makassar 2021

Prestasi :

– Juara 1 lomba debat Hukum tingkat UMI tahun 2016

– Juara 2 lomba debat Hukum dan Pemerintahan tingkat Provinsi Sulsel di UIN Alauddin Makassar tahun 2017

– Juara harapan lomba debat Konstitusi Tingkat Nasional di kota Manado tahun 2018

– Delegasi Indonesia di Asian Youth Internasional Model United Nations (AYIMUN) tahun 2019 di Putrajaya, Malaysia.

VISI :

HMI BERKEBUDAYAAN : Terwujudnya Eksistensi Himpunan Mahasiswa Islam Yang Berlandaskan Nilai Luhur Keummatan Dan Kebangsaan.

MISI :

  1. Mewujudkan Kader HMI Cabang Makassar yang memiliki Moralitas, Spiritual, dan Intelektual dalam upaya mengaplikasikan 5 kualitas insan cita.
  2. Optimalisasi Perkaderan HMI Cabang Makassar sebagai epicentrum perkembangan organisasi.
  3. Penguatan Internalisasi Kepengurusan dan Anggota guna terwujudnya HMI Cabang Makassar yang profesional, kompeten, dan visioner dalam menghadapi arus globalisasi.
  4. Optimalisasi fungsi lembaga kekaryaan sebagai bentuk pemberdayaan kader HMI Cabang Makassar.
  5. Melaksanakan berbagai macam program kerja sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat.
  6. Melakukan penguatan terhadap sistem administrasi sebagai roda penggerak organisasi.
  7. Menjalin silaturahmi yang baik dengan organisasi kemahasiswaan lainnya dan lembaga pemerintahan sebagai sarana mitra dalam pembangunan negara.
  8. Menjadikan Sekretariat HMI Cabang Makassar sebagai Rumah dan Laboratorium bagi seluruh kader Himpunan Mahasiswa Islam.

Editor : Daeng Nompo’

*Berkomentarlah di kolom komentar dibawah dengan bijaksana yang menginspirasi dan bertanggung jawab.Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti yang diatur dalam UU ITE.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *