Kepala Bappeda Majene : Satu Data Indonesia Adalah Kebijkan Data Pemerintah Untuk Menghasilkan Data yang Akurat

- in BERITA, MAJENE, SULBAR
136
0

Kepala Bappeda Majene : Satu Data Indonesia Adalah Kebijkan Data Pemerintah Untuk Menghasilkan Data yang Akurat

dari kiri : Kadis Infokom Ahmad Rafli Nur, wakil bupati Arismunandar Kalma, Kepala Bapeda A. Adlina Bashroe. (ist).

SANDEQPOSNews.com, Majene – Sosialisasi dan Pencanangan Forum Satu Data Indonesia Tingkat Kab. Majene merupakan bagian dari pencanangan program pemerintah secara nasional.

Saat sambutan, Kepala Bappeda Kabupaten Majene, Sualwesi Barat, acara tersebut di ruang Pola Kantor Bupati Majene, Rabu (14/7/2021), Kepala Bapeda Majene, Andi Adlina Basharoe menyampaikan, bahwa Acara yang dilaksanakan hari ini merupakan tindak lanjut dari Perpres (peraturan presiden) 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia.

“Sosialisasi yang dilaksankan hari ini merupakan pertama kali dilakukan dan selanjutnya akan dilakukan tindak lanjut formulasi data sektoral disemua OPD (organisasi perangkat daerah).

Menurut Adlina, Satu data Indonesia adalah kebijkan data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, terpadu ,dan dapat dipertanggung jawabkan, serta mudah diakses dan dibagikan antar instansi pusat, antar instansi daerah melalui pemenuhan standar data, meta data, interoperabilitas data, dan menggunakan kode referensi dan Data Induk.

Tujuan satu data indonesia :

  1. Memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman bagi Instansi Pusat dan Instansi Daerah dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data.
  2. Mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggung jawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan daerah.
  3. Mendorong keterbukaan dan trabsparansi data sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang berbasis pada data.
  4. Mendukung sistem statistik nasional (SSN) sesuai peraturan perundang undangan.

Acara ini dihadiri wakil Bupati, para Kepala OPD, Camat dan kepala BPS Majene.

Editor : Daeng Nompo’

*Berkomentarlah di kolom komentar dibawah dengan bijaksana yang menginspirasi dan bertanggung jawab.Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti yang diatur dalam UU ITE.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *