Bupati Beri Penghargaan kepada Tujuh Maestro Pencipta Kelong Mamuju

- in BERITA, HUMANIORA, MAMUJU, SULBAR
39
0
Bupati Mamuju berikan penghargaan kepada salah seorang atau perwakilan pencipta lagu daerah Mamuju.

Bupati Beri Penghargaan kepada Tujuh Maestro Pencipta Kelong Mamuju

SANDEQPOSNews.com, Mamuju – Pemerintah Kabupaten Mamuju memberikan penghargaan kepada tujug orang pencipta kelong (lagu) Mamuju, di Nal cafe Sabtu (10 Juli 2021) malam.

Pemberian penghargaan ini diserahkan oleh Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi.

Sutinah menyebutkan, penganugrahan adalah bentuk penghargaan yang tinggi atas karya para seniman daerah yang telah mendedikasikan dirinya dalam melestarikan kearifan lokal melalui karya seni.

Olehnya ia sangat mengapresiasi atas inisiasi kegiatan tersebut, bahkan sutinah berjanji, akan terus memberikan perhatian terhadap kemajuan seni dan budaya di bumi Manakarra.

Terlepas dari itu, Bupati mamuju mengatakan telah menerbitkan Surat keputusan (SK) atas pemberian penghargaan pada para maestro seni, dan dokumentasi diri berupa foto para seniman tersebut akan diabadikan di museum daerah.

Mewakili mendiang Almarhum maradika (Raja) mamuju, H. Andi Maksum Dai, yang juga menerima penghargaan sebagai pencipta lagu “oh pulo karampuang”,

PYM Bau Akram Dai, menyampaikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten mamuju dan pencetus kegiatan, ia menilai penganugrahan penghargaan adalah apresiasi yang sangat besar dalam mengenang jasa-jasa pencipta lagu mamuju, ia berharap, momentum hari ulang tahun mamuju tahun ini akan terus memacu generasi muda lebih kreatif agar tidak kalah dari para pendahulu.

Andi Saiful Rauf, selaku inisiator kegiatan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan berangkat dari keprihatinan kita, karena banyaknya generasi saat ini yang tidak paham lagu – lagu daerah kita terutama lagu daerah mamuju, jangankan generasi sekarang, generasi sebelum saya pun masih banyak yang buta lagu mamuju, jadi kita menyelenggarakan kegiatan ini untuk mengapresiasi para pencipta lagu daerah dan nantinya foto-foto pecipta lagu akan dipajang di museum mamuju agar kita bisa mengenang beliau.

“Saya berharap pemuda saat ini banyak-banyak berkarya karena pemerintah sudah mendukung dan memberian ruang jadi apa lagi yang harus ditunggu marilah berkarya dan berkreasi,” pungkasnya.

Berikut nama tujuh maestro pencipta kelong mamuju yang menerima penganugrahan penghargaan serta lagu yang diciptakannya

  1. Andi Maksum Dai – Oh Pulo Karampuang
  2. Alipahuddin – O Mamuju
  3. Burhanuddin – Mobau
  4. M.Arifinarsyad – Manakarra Makkarama
  5. Ahmadzul – Lemba Tapalang
  6. Eistamabitte – Baranaq Sitandiq Tandiq
  7. H. Abd Mutalib Kampil – Indo Pembolongan

(ADV)

*Berkomentarlah di kolom komentar dibawah dengan bijaksana yang menginspirasi dan bertanggung jawab.Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti yang diatur dalam UU ITE.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *