352 orang TKA Asal China Menggunakan 4 Pesawat Carter Tiba di Bandara Maleo Morowali

- in BERITA, COVID-19, EKOBISNIS, NASIONAL
133
0

352 orang TKA Asal China Menggunakan 4 Pesawat Carter Tiba di Bandara Maleo Morowali

Ilustrasi : Suasana pemeriksaan kesehatan dengan alat pengukur suhu tubuh terhadap Tenaga Kerja Asing asal China di kawasan Industri PT IMIP, Morowali, Sulawesi Tengah. (Foto courtesy: Dedi Kurniawan / Humas PT. IMIP).

SANDEQPOSNews.com — Sebanyak 352 TKA (Tenaga Kerja Asing) asal negara China tiba di
Bandara Maleo Morowali, Sulawesi Tengah menggunakan 4 pesawat.

Dilansir suara.com, kedatangan TKA bertahap. Kloter pertama terjadi pada 1 Mei 2021 menggunakan pesawat Wings Air dengan membawa penumpang 71 TKA dan 1 TKI.

Kemudian pada kloter kedua menggunakan pesawat Wings Air membawa penumpang 72 TKA.

Setelah dilakukan pemeriksaan suhu sesuai protokol kesehatan, sebanyak 143 TKA asal China dan 1 TKI tersebut menuju PT. Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Morowali Utara dengan tujuan bekerja membangun smelter.

TKA menggunakan kendaraan roda empat. Dari bandara menuju lokasi proyek.

Direncanakan dari 143 TKA yang datang, 54 TKA akan tinggal di PT. GNI. sementara 89 TKA akan melanjutkan perjalanan menuju PT. Virtue Dragon Nickel Industri (VDNI) di Kabupaten Konawe.

Pada hari Rabu (5/5/2021) kembali tiba kloter pertama pesawat Wings Air dengan 72 orang penumpang, dan kloter kedua dengan 71 orang penumpang, kloter ketiga dengan penumpang 66 orang. Dengan demikian total TKA yang tiba sebanyak 352 orang.

Baca juga :

Menhub Budi Karya Sumadi Menduga Terinfeksi Virus Corona di Makassar

Sementara itu terkait 89 TKA yang akan melanjutkan perjalanan ke Sultra, Humas Kantor Imigrasi Kelas I Kendari, Muhammad Keti, membenarkan TKA tersebut tiba di Morowali, namun tidak membenarkan TKA itu akan ke Sultra.

“Itu bukan wilayah kerja kami, tidak ke Sultra, mereka tujuan Morowali pakai pesawat carter,” katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (7/5/2021).

Editor : SAN

*Berkomentarlah di kolom komentar dibawah dengan bijaksana yang menginspirasi dan bertanggung jawab.Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti yang diatur dalam UU ITE.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *