Kuliah Praktek PR,  Sejumlah Mahasiswa STAIN Majene Kunjungi Bagian Prokopimda Setda Majene

- in BERITA, MAJENE, PENDIDIKAN, SULBAR
100
0

Kuliah Praktek PR,  Sejumlah Mahasiswa STAIN Majene Kunjungi Bagian Prokopimda Setda Majene

Suasana kunjungan mahasiswa jurusan KPI STAIN diterima langsung oleh Kasubag Prokopimda, Sufyan Ilbas (kiri) dan Bagian dokumentasi pimpinan, Anugrawati (kanan) di ruang rapat bupati, Selasa (12/1/2021). (Foto Prokopimda Majene).

SANDEQPOSNews.com, Majene — Sejumlah mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Majene mengunjungi   sub bagian protokol komunikasi pimpinan daerah (Prokopimda) di kantor bupati Majene, Selasa pagi (12/1/2021).

Mahasiswa ini diterima oleh Kepala sub bagian Prtokol Komunikasi Prokopimda Sufyan Ilbas dan Kasubag Dokumentasi dan media,  Anugrawati, di ruang rapat Wakil Bupati Majene.

Dalam pertemuan itu, protokol kesehatan pencegahan penularan Covid19 diberlakukan dengan tetap menjaga jarak dan memakai masker.

Sufyan Ilbas mengatakan,  kunjungan tersebut terkait dengan pelaksanaan mata kuliah Dasar-dasar Public Relation(PR), dengan melakukan observasi komunikasi kinerja Humas Setda.

Sufyan menjelaskan kepada mahasiswa, bahwa setiap agenda atau jadwal kegiatan pimpiman, baik bupati dan wakil bupati rutin diinformasikan (dilanjutkan) kepada wartawan maupun kesetiap OPD (organisasi perangkat daerah/setingkat Dinas).

“Semua jadwal kami share (bagikan) melalui grup WA (whatsAap) karena lebih cepat penyampaiannya, termasuk kepada teman-teman wartawan,” terang Sufyan.

Dalam kesempatan yang sama,
Kasubag Dokumentasi pimpinan, Anugrawati, kepada para mahasiswa menjelaskan,
bahwa sekaitan dengan perubahan nomenklatur Humas menjadi Protokol Komunikasi Pimpinan, bahwa perubahan dalam lingkup pemerintahan memang cukup dinamis, dengan mempertimbangkan kebutuhan yang ada saat ini.

Angura sapaan Angurawati ini mengatakan, secara pribadi masih menyukai dengan sebutan Humas. Karena menurutnya sudah sangat melekat di masyarakat.

Namun karena sudah menjadi menjadi aturan pemerintah pusat, lanjut dia,  mau tidak mau harus dijalankan dan dipatuhi dengan penuh tanggung jawab.

“Sampai sekarang pun kami masih sering dipanggil humas,” Ujarnya.

Sementara itu Dosen STAIN Majene yang memimpin rombongan mahasiswa jurusan PR, Nurul Islam, mengatakan kunjungan tersebut akan memberikan pengalaman bagi mahasiswa dengan terjun langsung melihat praktik Publik Relation (PR).

Salah satunya, kata Nurul,  seperti pola komunikasi yang diterapkan baik secara internal ataupun eksternal.

“Kami juga ingin tahu bagaimana aktivitas humas ditengah pandemi ini, termasuk berbagai kegiatan pembuatan naskah naskah sambutan, pidato Bupati dan news release,” ujarnya.

Pertemuan ini juga terjadi dialog interaktif antara pihak  Sun bagian Prokopimda dan bagian dokumentasi dengan para mahasiswa.

Kesempatan mahasiswa secara bergantian bertanya diantaranya terkait dengn kegiatan kerjasama media massa yang merupakan program kerja bagian Prokopimda.

Kunjungan mahasiswa itu juga dimanfaatkan dengan melihat langsung aktivitas staf bagian Prokopimda dan bagian dokumentasi pimpinan,  ruangan rapat bupati, ruang tamu dan Ruang Kerja.

Selain itu,  mahasiswa juga diberi praktek cara mengatur keprotokoleran pertemuan, diantaranya di ruang pola kantor bupati yang menjadi salah satu tempat utama pertemun jajaran Pemda Majdns dan kegiatan pimpinan.

Editor : Daeng Nompo’

*Berkomentarlah di kolom komentar dibawah dengan bijaksana yang menginspirasi dan bertanggung jawab.Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti yang diatur dalam UU ITE.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *