Pemda Majene akan Prioritaskan Penerangan dan Akses Jalan Masuk ke Lokasi Rutan Majene

- in BERITA, EKOBISNIS, MAJENE, SULBAR
235
0

Pemda Majene akan Prioritaskan Penerangan dan Akses Jalan Masuk ke Lokasi Rutan Majene

Plt. Bupati Majene, Lukman Nurman didampingi Kepala Rutan kelas II B Majene Rasbil, mengangkat jagung yang dipanen perdana di lahan Rutan Majene di Lingkungan Mangge, Kel. Totoli Kec Banggae, Majene, Selasa (22/12). (Foto Porkopimda Majene).

SANDEQPOSNewe.com, Majene — Pemerintah Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, akan memprioritaskan pengadaan penerangan jalan serta akses jalan masuk ke lokasi Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Majene.

Lokasi Rutan kelas II B Majene ini memiliki luas lahan 3,5 hektar terletak di Lingkungan Mangge Kelurahan Totoli Kecamatan Banggae, Majene.

Pengadaan lampu penerangan serta akses jalan berupa rabat beton itu atas permintaan Kepala Rutan Kls. II B Majene, Rasbil, pada acara panen jagung dan sayur mayur perdana, Selasa (22/12/2020).

Walaupun lokasi ini belum dibangun gedung serta sarana prasanan bagi Rutan kelas II Majene, namun lokasi yang awalnya berupa semak belukar serta hutan ini difungsikan sebagai lahan pertanian serta yang ditanam oleh pihak Rutan  pengembangan bibit ternak Kambing, sembari menunggu proses administrasi dan legilitas lahan untuk bisa dibangun infrastruktur di dalamnya.

Sebelum panen Jagung dilaksanakan, dalam sambutannya Rasbil kepada Pemkab Majene agar memperhatikan akses jalan dan penerangan menuju lokasi Rutan.

Pelaksana tugas (Plt) bupati Majene, Lukman Nurman, menyanggupi langsung permintaan Kepala Rutan tersebut. Lukman berjanji sebelum berakhirnya periode kepemimpinan Fahmi (alm) dan Lukman, listrik dan jalan rabat beton akan dikerjakan.

“Insyaa Allah sebelum berakhirnya periode kerja Fahmi- Lukman, listrik akan masuk kesini, dan kepada Pemerintah Kelurahan dan Kecamatan supaya dapat memprioritaskan usulan di Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan, red), berupa pembangunan rabat beton untuk akses jalan ke lokasi ini,” kata Lukman.

Lukman melanjutkan,  bahwa dia merasakan sesuatu yang beda, dengan mencontohkan satu lirik lagu “layu sebelum berkembang”, namun di lokasi tersebut justru berkembang sebelum memulai (pembangunan Rutan).

“Kenapa saya katakan demikian karena lahan ini dipersiapkan untuk pembangunan gedung Rutan Majene, tetapi oleh pihak Rutan Majene telah melakukan akselerasi dan inovasi mengembangkan lahan ini,” ujarnya.

Sayur mayur Terong dan sayuran lainnya sudah dipanen. Plt Bupati Majene, Lukman, memperlihatkan sebuah Terong yang sudah dipanen. (Foto Porkopimda Majene).

Lukman mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh Rutan Majene bersama warga binaannya akan menjadi motivasi tersendiri bagi warga lokal disini, dimana Rutan Majene telah mampu membuat lahan tidur dan menganggur menjadi lahan yang produktif.

“Sesaat lagi kita panen jagung, saya sempat tanya ke Kadis. Pertanian terkait harga jual jagung kering, katanya sekitar Rp 3.200 per kilogram, bila tidak ada tempat pemasarannnya, maka saya bersedia membeli perdana jagung hasil panen hari ini,” katanya.

“Harapan saya tidak boleh ada hasil petani yang tidak laku terjual, karena akan memundurkan dan mengurangi semangat petani dalam bercocok tanam,” imbuhnya.

Lukman juga meminta kepada Dinas Pertanian supaya tetap memerhatikan komunitas petani yang memilki etos kerja dan semangat dari pimpinannya.

Selain panen Jagung dan sayur mayur juga disertai pengukuhan pengurus Kelompok Tani “Antrabez” Rutan Majene.

Selain Plt. Bupati Majene dan Kepala Rutan Kls. II B Majene, acara ini juga dihadiri oleh Kadis Pertanian Perkebunan Majene, Kadis. Perkimtan Majene, Unsur TNI Kompi 721, Mewakili Camat Banggae, Lurah Totoli dan undangan lainnya.

Naratulis : Kasubag Prokopimda Setda Majene, Sufyan Ilbas.
Editor : SAN

*Berkomentarlah di kolom komentar dibawah dengan bijaksana yang menginspirasi dan bertanggung jawab.Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti yang diatur dalam UU ITE.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *