Secara Aklamasi Wens dan Komang Kembali Dipilih Pimpin AMSI

- in BERITA, NASIONAL
158
0

Secara Aklamasi Wens dan Komang Kembali Dipilih Pimpin AMSI

Foto ketua dan sekjen (Sumber Foto : Ardi Bento/BlokMediaGrup)

 

SANDEQPOSNews.com, Jakarta – Pasangan Wens Manggut dan Wahyu Dhyatmika (Komang) Kembali memimpin Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) periode 2020-2023.

Wens dan Komang ditetapkan sebagai Ketua Umum dan Sekjen AMSI secara aklamasi dalam Kongres Kedua AMSI, setelah nama lain yang diusung menyatakan tidak bersedia dicalonkan.

Wens Manggut adalah Chief Content Officer (COO) KapanLagi Youniverse sedangkan Wahyu Dhyatmika adalah Pemimpin Redaksi Majalah Tempo.

“Kongres menetapkan Wens Manggut sebagai Ketua Umum AMSI dan Wahyu Dhyatmika sebagai Sekjen AMSI,” ujar pimpinan sidang Kongres Kedua AMSI Arief Rahman.

Wens mengapresiasi kepercayaan anggota AMSI dan menyatakan siap menerima mandat sebagai ketua umum periode kedua ini.

“Waktu dipilih 3 tahun lalu menjadi ketua, saya terima karena saya melihat kebersamaan yang luar biasa, dan selama 3 tahun ini kebersamaan itu tak pudar, dan itu pulalah alasan saya mau nenerima mandat periode kedua ini,” ujar Wens.

Dia mengungkapkan bahwa tantangan terbesar saat ini adalah perubahan yang begitu cepat pada industri informasi dan bisnis media.

Tantangan itu tidak hanya memerlukan profesionalitas, tetapi juga memerlukan kesamaan langkah dan sikap soal ekosistem digital. “Kesatuan pikiran itulah kekuatan AMSI.”

Baca juga

Kongres Kedua AMSI juga menetapkan lima anggota Badan Pertimbangan dan Pengawas AMSI, yakni Sapto Anggoro (Pemred Tirto.id), Viktor C. Mambor (Penanggung Jawab Tabloidjubi.com), Dwi Eko (Lucky) Lokononto (Pemred Beritajatim.com), Citra Dyah Prastuti (Pemred KBR), dan Iin Yumiyanti (Wakil Direktur Konten detiknetwork).

Sementara itu, Kongres juga mengusulkan sejumlah nama yang akan duduk pada kursi Majelis Etik AMSI, yakni Nezar Patria (Thejakartapost.com), Arifin Asydhad (Pemred Kumparan.com), Metta Dharmasaputra (Co-founder & CEO Katadata), Upi Asmaradhana (Pemred kabarmakassar.com), Irfan Junaedi (Pemred republika.co.id), Citra Dyah Prastuti (Pemred KBR), Arief Rahman (Pemred lensaindonesia.com), Yatimul Ainun (Pemred timesIndonesia.co.id), Abdul Manan (Ketua Umum AJI), Ati Nurbaeti (Mantan Ketua Umum AJI), Teguh Imam Wibowo (Kepala Biro Antara Kalbar), dan Yoseph Stanley Adi Prasetyo (Tokoh Pers).

Pengurus terpilih selanjutnya akan menetapkan tiga nama untuk menjadi Majelis Etik AMSI Periode 2020-2023.

Kongres Kedua AMSI dibuka Sabtu (22/8) pagi. Sedianya Kongres Kedua akan digelar di Surabaya, Jawa Timur. Akan tetapi, karena pandemi Covid-19, kongres digelar secara virtual.

Tema yang diusung dalam Kongres Kedua tersebut adalah Membangun Ekosistem Media Siber Berkelanjutan.

Baca juga

 

Sebelumnya pada pembukaan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, “saya tentu bergarap bahwa teman-teman di AMSI akan jadi partner kita bersama karena tujuannya sama agar bagaimana kita menciptakan kejernihan di masyarakat dengan contens yang memang baik. Ini adalah finding right balance antara freedom of speach dengan responsibility.”

Selain Menteri Keuangan Sri Mulyani juga hadir gubernur Jawa Timur, Hj. Khofifah Indar Parawansa, serta 300an anggota AMSI seluruh Indonesia melalui virtual zoom dari daerah masing-masing.

Berikut Pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Periode 2020-2023

Ketua Umum                     : Wenseslaus Manggut

Sekjen                                  : Wahyu Dhyatmika (Komang)

Badan Pertimbangan dan Pengawas AMSI:

  1. Sapto Anggoro
  2. Viktor C. Mambor
  3. Dwi Eko (Lucky) Lokononto
  4. Citra Dyah Prastuti
  5. Iin Yumiyanti

Usulan Majelis Etik AMSI:

  1. Nezar Patria
  2. Arifin Asydhad
  3. Upi Asmaradhana
  4. Metta Dharmasaputra
  5. Irfan Junaedi
  6. Citra Dyah Prastuti
  7. Arief Rahman
  8. Yatimul Ainun
  9. Abdul Manan
  10. Ati Nurbaiti
  11. Teguh Imam Wibowo
  12. Yoseph Stanley Adi Prasetyo.

Rilis : AMSI

Editor : Daeng Nompo’

Tonton Videonya, Dukung lewat Klik Tanda : Subscribe, Like, dan Share

*Berkomentarlah di kolom komentar dibawah dengan bijaksana yang menginspirasi dan bertanggung jawab.Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti yang diatur dalam UU ITE.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *