BreakingNews : Hujan Deras Semalam, Tebing Pegunungan di PALOPO–Toraja Utara Longsor

- in BERITA, Peristiwa
26
0

BreakingNews : Hujan Deras Semalam, Tebing Pegunungan di PALOPO–Toraja Utara Longsor

Satu dari sejumlah rumah warga yang tampak terseret oleh longsoran dari tebing gunung di belakang pemukmian warga di Kelurahan Batang Barat, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Jum’at (26/6) sore. (Screenshoot/SANDEQPOSNews.com)

SANDEQPOSNews.com, Palopo — Bencana Tanah longsor terjadi di jalan poros Toraja Utara-Palopo kilometer 24, Kelurahan Batang Barat, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Jumat (26/6/2020) sore, sekira pukul 16:00, Waktu inddonesia tengah.

Longsoran material dari pegunungan ini mengakibatkan jalan Trans Suawesi yang menghubungkan Toraja Utara ke Palopo, itu amblas dan terputus.

Tidak itu saja, sejumlah rumah dan warung makan yang tiap hari berjualan di pinggir jalan tersebut turut terseret material langsor.

Dalam video rekaman terlihat jelas dari dekat di peukiman warga, longsor tanah tebing ini menyeret sebuah rumah batu permanen.

Tampak dari pegunungan atas longsoran tebing di pemukan warga di Kelurahan Batang Barat, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Jumat (26/6/2020) sore. (Screenshoot/SANDEQPOSNews.com))

Baca juga 

Longsor ini hanya melewati diantara pemukiman rumah warga, sehingga hanya rumah yang ada di tengah tersebut yang terseret material longsor.

Tebing gunung ini berada persis di belakang pemukiman warga  di Kelurahan Batang Barat.

Infomrasi dihimpun, seorang pemilik warung yang menjadi korban longsor itu, yang disapa Mama Eva, menuturkan suara gemuruh dari atas gunung terdengar dan longsor pun terjadi, sekira  pukul 16:00 wita, sore.

Mama Eva menjeaskan, sejumlah rumah dan warung milik warga sekitar hancur, namun tidak ada korban jiwa.

Longsoran material ini pun membuat ruas jalan trans sulawesi poros Palopo-Toraja Utara lumpuh total.

Kepala Badan Penanggulangan Bendcana Daerah Palopo, Anthonius Dengen kepada wartawan lokal membenarkan terputusnya jalan tersebut.

“Iya, baru-baru kejadiannya, jalan ini longsor sehingga memutus jalur Palopo-Torut,” kata Anthonius

Hingga laporan ini disiarkan, pihak BPBD Palopo, tim SAR, aparat TNI/Polri dan sejumlah warga setempat melakukan evakuasi, baik harta benda milik maupun warga di sekitar longsoran tersebut.

Report : Why

Editor : SAN

*Berkomentarlah di kolom komentar dibawah dengan bijaksana yang menginspirasi dan bertanggung jawab.Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti yang diatur dalam UU ITE.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *