Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raaji’uun, Kasi Operasional dan Pemeliharaan SDA DPUR Kaltara Meninggal Dunia

- in BERITA, STYLE
226
0

Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raaji’uun, Kasi Operasional dan Pemeliharaan SDA DPUPR Kaltara Meninggal Dunia

Makmur Palettei, ST, MM, semasa hidupnya. (dok).

 

SANDEQPOSNews, Majene – Berita duka, inna lillahi wa inna ilahi raaji’uun telah berpulang kerahmatullah Makmur Palettei, ST, MM, pada di Tanjung Selor Propinsi Kalimantan Utara, pada hari ini, Senin 13 Maret 2020, di-usia 52 tahun.

Informasi yang dihimpun jenazah almarhum akan dimakamkan di tempat kelahirannya, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada selasa (14/4) besok.

“Dimakamkan di Pare-Pare besok,” ujar salah satu sahabat almarhum, Iwan Setiawan, ST via WhattsAap.

Menurutnya, jenazah tersebut akan diberangkatkan dari Tanjung Selor ke Kota Tarakan untuk naik pesawat ke Makassar pada subuh hari Selasa. Dan istri almarhum dan sejumlah keluarganya akan mengiringi jenazah sampai ke Pare-Pare.

Makmur adalah Kepala seksi operasional dan pemeliharaan bidang Sumber Daya Aair Dinas PUPR-Perkim Propinsi Kalimantan Utara. Ia dikabarkan meninggal setelah beberapa tahun terakhir menderita penyakit jantung.

Kabar meninggalnya ini terungkap setelah sejumlah informasi melalui media sosial di area Kaltara.Kalimantan Utara yang diposting oleh sejumlah pegawai Pemprop dan sahabat almarhum di Tanjung selor.

Kabar tersebut membuat sejumlah alumni seangkatan Makmur (alm) bertanya-tanya, bahkan ketua alumni Keluarga Besar Teknik Sipil (KBTS) 88 UMI, Dr. Ir. Muhammad Arafah Palu, MT, menanyakan kebenaran informasi itu.

“Benar ini ya?” tanya ketua KBTS 88 UMI, yang kini juga sebagai Plt Dishub Sulsel.

Dan akhirnya, info meninggalnya Makmur Palettei, benar setelah sebuah postingan foto dikirimkan oleh salah satu anggota KBTS 88 UMI, Iwan Setiawan, ST, yang sedang bekerja konstruksi di Kalimantan.

“Mari kita bersama mendo’akan alm, sahabat, saudara (i) kita semua. Semoga Allah mengampuni segala dosa dan menerima segala amal ibadahnya, dan ditempatkan di sisiNya yang paling mulia, semoga husnul khotimah, allahummaaamiin (disertai tanda emoting telapak tangan berdo’a) AlFatiha,” tulis Iwan Setiawan pada postingannya pada akunnya.

Makmur Palettei merupakan alumni Fakultas Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia (UMI) angkatan 1988, Makassar dan alumni STM kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

Setelah menyelesaikan kuliahnya di Teknik Sipil UMI, almarhum pada tahun 1997 kembali ke Tanjung Selor, Kaltara, dimana kedua orang tuanya bekerja sebagai swasta. Sejak saat itu Makmur memulai pekerjaannya sebagai honorer dan terangkat menjadi pegawai negeri sipil dan akhirnya, dalam perjalanan karirnya Ia pun dipercayakan sebagai Kasi Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi di Pemprop Kaltara.

Kemudian Ia dimutasi sebagai  Kasi operasional dan pemeliharaan bidang SDA Dinas PUPR-Perkim Propinsi Kalimantan Utara hingga tutup usia.

Di Pemprop Kaltara, almarhum dinilai berhasil memajukan dan meningkatkan sumber daya manusia dibidang perindustrian masyarakat terutama home industri (industri rumahan). Ia dikenal sangat rajin mempromosikan industri daerah Kaltara di tingkat nasional hingga manca negara.

Bahkan, dengan kegigihannya kerap sekali mengikutkan hasil kerajinan dan industri khas Kaltara dalam pameran nasional dan internasional.

Dengan jabatannya sebagai Kasi perdagangan dan perindutrian saat itu, Ia juga tak jarang ke pelosok daerah di Kaltara untuk mendata dan memberi motivasi serta bantuan bagi mayarakat untuk menghidupkan sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

Di mata para alumninya KBTS 88 UMI, Makmur memilik peringai yang baik, Ia penyabar tapi memiliki pribadi sosial dan loyal dalam pergaulan. Tak jarang pula bersilaturahmi dengan para teman kuliahnya itu melalui grup WhatsaAap KBTS 88 UMI ataupun lewat medos lainnya.

Namun beberapa bulan terakhir Makmur tak lagi rajin memberi komen maupun ungkapan kearifan di grup WA KBTS 88 UMI, hingga akhirnya informasi meningganya itu tersiar, Senin (13/4).

Almarhum dalam tampilan statusnya di akun medsos maupun di grup WA kerap memosting hal yang sangat bermanfaat bagi semua netizen maupun bagi sahabat alumni kuliahnya, terutama sugesti melalui narasi yang puitis tapi bermakna.

Simak salah satu postingan almarhum di akun medsosnya tentang kepribadian manusia :

“Pendapat KU.

Sahabat itu…

Ketika jauh..

Tidak bicarakan keburukan.

Ketika dekat saling bertukar kebaikan.

Ketika tiada saling mendoakan.”

Makmur Palettei dengan postingannya pada akunnya tahun 2016 lalu. Postingan seakan memberi isyarat kepada setiap orang yang telah jauh dan tiada. (fb).

Editor : Daeng Nompo’

Tonton Videonya, Dukung Lewat : Subcribe, Like & Share

*Berkomentarlah di kolom komentar dibawah dengan bijaksana yang menginspirasi dan bertanggung jawab.Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti yang diatur dalam UU ITE.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *