Patut Dicontoh : di Kota Solo Seorang Habib Bagi-bagi Beras dan Uang Ke Pengayuh Becak, Dampak Stay at Home 

Patut Dicontoh : di Kota Solo Seorang Habib Bagi-bagi Beras dan Uang Ke Pengayuh Becak, Dampak Stay at Home

Tangkapan layar, Habib Hasan Mulachela sedang membagikan sedekah beras 10 kilogram dan uang Rp100 ribu per tukang becak di kota Solo. (screenshoot/SANDEQPOSNews.com).

 

SANDEQPOSNews.com – Ditengah Krisis penghasilan hidup akibat dampak wabah Penyakit Corona Virus (COVID-19), seorang Habib di Kota Solo, Jawa Tengah, membagikan beras kepada Pengayuh becak,  kemarin lalu.

Habib ini bernama Hasan Mulachela, juga dikenal sebagai pengusaha dan mantan anggota DPRD Surakarta.

Mengendarai mobil sedan warna kuning gading berkeliling kota Solo, Habib Hasan mensedekahkan sebagian rezeki yang diperolehnya itu kesetiap pengayuh becak yang dilihatnya sedang nongkrong dipinggiran jalan tanpa muatan.

Hasan memberikan beras dalam kemasan karung 5 kg, sebanya 2 paket ditambahkan uang Rp100 ribu per tukang becak.

Dalam aksi sosialnya itu,Hasan dibantu oleh dua orang pria.

Rekaman video Hasan ini pun menjadi viral. Ribuan netizen berdecak kagum dan memuji tindakan baiknya itu. Bahkan, semua netizen di berbagai media sosial pun mendoakan Hasan agar panjang umur, sehat, dan masuk surga.

Telusuran SANDEQPOSNews.com, mobil yang digunakan dan disetir langsung oleh Hasan itu, adalah sedan mewah Honda Civic Coupe berwarna kuningngading.

Ia mengenakan baju batik coklat, masker, dan peci putih, sambil memarkir mobilnya dan langsung menjumpai para tukang becak.

Tangkapan layar, seorang tukang becak terlihat girang menerima sedekah dari Habib Hasan. (Screenshoot/SANDEQPOSNews.com).

Para tukang becak yang menerima beras dan uang itu pun, matanya berkaca-kaca. Ada yang tak henti mengucapkan terima kasih, ada pula yang mendoakannya langsung.

Dalam rekaman, Hasan dengan logat Jawa memberitahu setiap tukang becak, bahwa ini untuk membeli minyak dan lauk.

“Saget bantu keluarga nggih, niki nggo tambahan tumbas minyak, lauk (Bisa bantu keluarga ya, ini buat tambahan beli minya, lauk),” kata Hasan kepada salah seorang penerima sedekah itu.

Tak hanya tukang becak, masyarakat kecil yang berada di tempat itu pun tak luput dari bantuan Hasan. Bahkan warga dan pengguna jalan sempat mengerumuni Hasan dan mobilnya untuk mendapatkan bantuan.

Hasan pun memerintahkan mereka untuk antre dan pindah ke pinggir jalan supaya tidak membuat kemacetan. Ia pun tak lupa meminta warga untuk tidak saling berdekatan dan jaga jarak (physical distancing).

Hasan memberikan komentarnya diakhir aksi hebatnya itu.

“Saya merasa prihatin akhirnya timbul keinginan saya untuk berbagi. Saya merasa mampu, sebagian harta saya harus saya berikan kepada mereka. Saya kasihan mereka, mereka susah, mengayuh becak, untuk memberikan makanan kepada keluarganya. Tapi mereka tidak dapat apa apa selama ini karena Covid-19,” ujar Hasan dengan suara terbata-bata. Ia pun menangis.

Kata dia, setiap hari membagikan 500 kg beras kemasan 5 kilogram kepada masyarakat tidak mampu.

Hasan sangat berharap kepada para pengusaha lainnya atau orang yang mampu untuk mau ikut membantu dan meringankan beban orang kecil selama wabah Covid-19 ini.

“Saya mohon teman-teman pengusaha yang mampu tolong bantulah mereka. Bantulah pemerintah, supaya tidak terjadi apa-apa. Kasihan mereka, hanya itu saya, dan insyaAllah selama Covid ini masih ada di Indonesia saya akan memberikan bantuan kepada mereka,” ujarnya dengan mata berkaca-kaca. Suaranya mulai serak dan memudar.

Menurutnya, Ia tidak mengundang mereka, namun mendatangi para tukang becak dan warga miskin lainnya di sudut pinggiran kota Solo.

“Saya tidak mengundang mereka, saya menjemput, saya mendatangi mereka. Walaupun jumlahnya kecil, hanya lima kilogram dan uang seratus ribu, tapi mudah mudahan bisa membuat keringanan dan membuat mereka punya harapan. Supaya bisa mengajari teman teman yang lain,” kata Habib Hasan.

Tangkapan layar, tukang becak di pinggiran kota Solo sedang menerima sedekah beras dan uang Rp100 ribu dari Habib Hasan. (Screenshoot/SANDEQPOSNews.com).

Seorang tukang becak mengatakan, beras dan uang seratus ribu pemberian Habib Hasan itu buat menambah meringankan bebannya.

“Ya alhamdulilah  buat tambah, pas pekerjaan sepi sudah seminggu lebih,” ujar tukang becak itu dalam rekaman.

Adakah yang berani mencontoh kebajikan Habib Hasan ini bagi orang kaya lainnya? Ditunggu aksi sedekahnya.

Editor Daeng Nompo’

Tonton Videonya, Habib Hasan Sedekahkan Sebagian Kekayaannya Bagi Warga Miskin

di tengah Stay at Home

 

*Berkomentarlah di kolom komentar dibawah dengan bijaksana yang menginspirasi dan bertanggung jawab.Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti yang diatur dalam UU ITE.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *