100 gunung berapi bawah Tanah di Temukan di Australia

- in BERITA, HUMANIORA, SEJARAH
420
0

100 gunung berapi bawah Tanah di Temukan di Australia

Benua australia, -wilkinsons-world

SANDQPOSNews.com, Australia – Perwakilan dari tim peneliti internasional dengan ilmuwan dari University of Adelaide dan University of Aberdeen menemukan “Dunia Jurassic” di Australia Tengah dari sekira 100 gunung berapi bawah tanah.

Penemuan ini diumumkan pada Selasa 13 Agustus 2019 oleh Associated Press.

Penemuan ini dibuat menggunakan teknologi pencitraan bawah permukaan terbaru untuk mengidentifikasi kawah vulkanik, aliran lava dan ruang magmatik di cekungan Cooper-Eromanga.

Menurut para ilmuwan, gunung berapi terbentuk pada periode Jurassic, antara 180 dan 160 juta tahun yang lalu, dan kemudian terkubur di bawah ratusan meter batuan sedimen. Cekungan Cooper-Eromanga sekarang mewakili gurun yang tak bernyawa, tetapi pada zaman Jurassic lanskap mereka terdiri dari kawah dan retakan, memuntahkan abu dan lava panas ke udara, dikelilingi oleh jaringan saluran sungai, berubah menjadi danau besar dan rawa.

” Sementara sebagian besar aktivitas vulkanik bumi terjadi di persimpangan lempeng tektonik atau di kerak bumi di bawah lautan, dunia Jurassic kuno ini berkembang jauh di dalam benua Australia ,” kata salah satu peneliti, associate professor Simon Holford .

” Penemuan ini menunjukkan keberadaan dunia vulkanik yang tidak terdeteksi di bawah permukaan bumi Australia yang kurang dipahami .”

Editor : SAN

Berita ini telah terbit di Associated Press (13/8/2019) dengan Judul : Di Australia, ditemukan sekitar 100 gunung berapi bawah tanah
*Berkomentarlah di kolom komentar dibawah dengan bijaksana yang menginspirasi dan bertanggung jawab.Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti yang diatur dalam UU ITE.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *